Siapkan Pemuda Hadapi Bonus Demografi, Semin PKS Sosialisasikan Pancasila

0
110

Banyak harapan tersemat di pundak para pemuda. Bahkan founding father Indonesia, Soekarno mengatakan dalam kalimatnya yang terus diulang-ulang hingga hari ini, bahwa “berikan 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Terlebih pemuda hari ini, bakal mengisi pos-pos strategis pada 2045 mendatang, dimana saat itu Indonesia mengalami puncak demografi.

Namun demikian, tentu tantangan besar dihadapi pemuda hari ini, yakni betapa pentingnya menguatkan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, terlebih kepada para pemuda.

Hal inilah yang lakukan Anggota DPRD Lampung Fraksi PKS Dapil Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji, Semin.

Bertempat di Desa Gedung Ram, Tanjung Raya, Mesuji, Semin melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Ahad (11/4).

Dihadapan peserta yang terdiri dari orang tua dan pemuda, Semin mengatakan bahwa, disamping telah banyak karya dan prestasi yang ditorehkan pemuda Indonesia, namun juga banyak pula tantangan pemuda hari ini, yakni terjebaknya banyak pemuda dalam aktivitas-aktivitas yang jauh dari nilai-nilai luhur pancasila, seperti narkoba, miras, pergaulan bebas dan tindak kekerasan serta perilaku kriminal lainnya.

“5 Sila dalam Pancasila sesungguhnya mencerminkan kepribadian ideal Bangsa Indonesia. Sila pertama mencerminkan relijiusitas Bangsa Indonesia. Lalu sila ke dua, mencerminkan sikap kemanusiaan yang harus dijunjung tinggi, dan sila ke tiga mencerminkan pentingnya persatuan seluruh anak bangsa tanpa terkecuali. Serta sila ke empat dan ke lima, menjadi cerminan jika Bangsa Indonesia menjunjung tinggi musyawarah dan keadilan sosial, ” kata Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Tulang Bawang ini.

Lantas menurutnya, tugas pemuda dan kita semua, agar nilai-nilai itu terimplementasi serta tersebar dan meresap ke dalam sanubari seluruh warga bangsa Indonesia.

“Tugas pemuda dan kita semua untuk menerapkan sekaligus membumikan nilai-nilai dan Ideologi Pancasila serta Wawasan Kebangsaan, agar tantangan yang tadi disebutkan menjadi terminimalisir bahkan hilang, sehingga terbentuk karakter pemuda yang kuat” pungkas Semin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here